Informasi Seputar Penyakit Miom

penyakit miom dan pencegahannya

Informasi Seputar Penyakit Miom

Meskipun penyebab pasti mereka tidak diketahui, mioma tampaknya dipengaruhi oleh hormon estrogen pada wanita yang dibuat dalam ovarium, dan hormon pertumbuhan manusia. Tumor otot polos ini menyusut atau menghilang setelah menopause menyusul penurunan dari produksi estrogen tubuh.

Leiomioma, mioma atau fibroid uterus adalah umum dialami pada wanita di atas 30 tahun, terutama bagiĀ  mereka yang belum pernah hamil. Mereka juga dikenal sebagai fibroid, tapi ini adalah istilah menyesatkan karena mioma terbuat dari sel-sel otot, bukan jaringan fibrosa.

Sebanyak tiga dari empat wanita memiliki fibroid rahim, tetapi sebagian besar tidak menyadari mereka karena mereka sering tidak menimbulkan gejala. Dokter Anda mungkin menemukan mereka kebetulan pada saat pemeriksaan panggul atau USG, menurut Mayo Clinic.

Meskipun penyebab pasti mereka tidak diketahui, mioma tampaknya dipengaruhi oleh hormon estrogen pada wanita yang dibuat dalam ovarium, dan hormon pertumbuhan manusia . Tumor otot polos ini menyusut atau menghilang setelah menopause menyusul penurunan produksi estrogen tubuh.

Gejala dari Mioma meliputi:

  • Sebuah perasaan berat di perut
  • Sakit pada bagian punggung
  • Mengalami Sembelit
  • Sering buang air kecil
  • Rasa sakit
  • Menorrhagia (perdarahan yang berlebihan saat menstruasi)
  • Dismenore (periode yang menyakitkan)
  • Dispareunia (sulit atau hubungan seksual yang menyakitkan).

Sementara mioma sering jinak, mereka dapat menyebabkan masalah tergantung pada ukuran mereka, lokasi dan kesehatan dari pasien pada umumnya.
Secara umum, fibroid rahim tidak menyebabkan masalah dan jarang membutuhkan penanganan. terapi medis dan prosedur bedah dapat mengecilkan atau menghapus fibroid jika Anda memiliki ketidaknyamanan atau merepotkan gejala. Jarang, fibroid dapat memerlukan perawatan darurat jika mereka menyebabkan tiba-tiba, nyeri panggul yang tajam. Namun, jika mereka dekat leher rahim, fibroid dapat membuat persalinan sulit dan menyebabkan perdarahan atau aborsi. Jika mereka memblokir saluran telur, mereka dapat menyebabkan kemandulan.

saran seorang dokter diperlukan untuk menentukan apakah Anda dapat dengan aman hamil jika Anda memiliki mioma uteri. tumor kecil dapat dengan mudah dihapus, tapi yang besar mungkin memerlukan histerektomi (operasi pengangkatan rahim). Pada yang terakhir, kehamilan adalah mustahil.

Penelitian menunjukkan bahwa wanita hamil dengan fibroid yang di sedikit peningkatan risiko keguguran, persalinan prematur dan melahirkan, posisi janin abnormal, dan pemisahan plasenta dari dinding rahim. Tapi tidak semua studi mengkonfirmasi asosiasi ini. Selanjutnya, komplikasi bervariasi berdasarkan jumlah, ukuran dan lokasi fibroid. Beberapa fibroid dan fibroid submukosa besar yang mendistorsi rongga rahim adalah jenis yang paling mungkin menyebabkan masalah. Sebuah komplikasi yang lebih umum dari fibroid pada kehamilan terlokalisir nyeri, biasanya antara trimester pertama dan kedua. Hal ini biasanya mudah diobati dengan obat miom alami. Untuk memantau pertumbuhan tumor, seorang wanita harus memiliki pemeriksaan panggul setiap enam sampai 12 bulan meskipun dia tidak memiliki gejala penyakit.

Seorang wanita yang uterus adalah sebagai besar sebagai enam bulan rahim normal pada minggu ke-16 kehamilan biasanya bisa bergaul tanpa operasi. Namun, jika miom tumbuh dengan ukuran rahim lima bulan pada minggu kesembilan kehamilan, pertumbuhan janin dipengaruhi dan aborsi spontan dapat terjadi.

Tumor yang menekan melawan tuba fallopi dapat menyebabkan kehamilan ektopik. Tapi kebanyakan mioma tidak menimbulkan masalah kecuali pembesaran rahim. Konsultasikan dengan dokter tentang hal ini.
Penelitian awal menunjukkan bahwa perempuan atletik memiliki risiko lebih rendah fibroid tapi ini belum dikonfirmasi oleh penelitian lain. Namun demikian, manfaat olahraga didokumentasikan dengan baik dan dapat meringankan sakit punggung, otot nada, dan membantu ibu hamil tidur lebih baik.
Untuk membantu Anda mendapatkan kembali sosok Anda setelah melahirkan, mengambil Phenocal, aman, alami, dan efektif suplemen penurunan berat badan yang meningkatkan metabolisme Anda, menekan nafsu makan Anda, mengurangi mengidam makanan, dan meningkatkan tingkat energi untuk memberikan tubuh yang Anda inginkan.

Source : www.nih.gov

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *