Mie Instan Perusak Ginjal

Salah satu jenis makanan cepat saji yang banyak menjadi favorit masyarakat Indonesia adalah mie instan dengan berbagai macam rasa dan cara penyajian yang mudah. Sehingga makanan ini seringkali dijadikan sebagai menu sarapan atau cemilan saat malam hari jika rasa lapar menyerang.

Dibalik rasanya yang nikmat ternyata itu semua bukan berasal dari bahan alami melainkan perasa dan penyedap buatan yang disebut MSG (monosodium glutamat) yang berasal dari olahan sari tebu. MSG ini dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan jika terlalu banyak dikonsumsi dan mengendap di dalam tubuh, karena dianggap sebagai racun maka ginjal bertugas membuang kelebihan MSG ini dari dalam tubuh.

Mie Instan Perusak Ginjal

Jika kondisi ini terus dibiarkan maka dampaknya beban kerja ginjal akan semakin berat dan mengalami penurunan fungsi secara bertahap yang dapat mengakibatkan kondisi gagal ginjal. Gagal ginjal adalah kondisi ginjal yang kehilangan kemampuannya untuk menyaring darah dari limbah dan racun seperti MSG dari mengeluarkannya dari dalam tubuh melalui urine (air seni).

Apa saja dampak MSG ini bagi ginjal? Mari simak bersama ulasannya di bawah ini:

Gangguan Pada Hati

Terlalu sering mengkonsumsi mie instan bisa menimbulkan gangguan pada organ tubuh yaitu hati yang bertugas melalukan proses detoksifikasi. Mie instan memiliki kandungan zat yang sangat berbahaya seperti proplene glycol yang tentu dapat mengganggu dan merusak fungsi hati.

Kerusakan Ginjal

Mie instan mengandung proplene glycol juga dapat memicu jenis penyakit lainnya yaitu mengganggu fungsi ginjal yang merupakan organ penting di dalam tubuh. Penyakit ginjal yang akan dialami yaitu penyakit gagal ginjal.

Memicu Peningkatan Gula Darah

Rasa gurih yang terdapat di dalam mie instan memiliki banyak kandungan gula di mana bisa menimbulkan penyakit diabetes. Dengan cara tidak langsung tubuh kita akan menyerap kandungan gula tersebut dan harus diolah oleh ginjal.

Simak artikel kami yang lain tentang obat alami gagal ginjal tanpa cuci darah.

Mengganggu Metabolisme Hormon

Jika terlalu sering mengkonsumsi mie instan dengan jumlah yang berlebihan untuk perempuan akan mendapatkan kondisi yang tidak baik seperti merusak hormon sebab kandungan garam yang terdapat di dalam mie instan. Kondisi ini menimbulkan siklus menstruasi menjadi bermasalah bahkan menyebabkan timbulnya jerawat.

Memicu Pembentukan Batu Ginjal

Kalsium tak larut yang ada dalam mie instan dapat mengendap di dalam tubuh dan suliut diserap oleh tubuh dapat mengendap di dalam ginjal dan membentuk batu ginjal. Jika batu ginjal ini semakin banyak dan berukuran semakin besar maka dapat menyebabkan gangguan fungsi ginjal dan saluran kemih yang berpotensi berkembangnya kondisi gagal ginjal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *