Penanganan Jantung Bengkak Dibantu Oleh Alat Mekanik

jantung bengkakkkPencegahan yang bisa dilakukan akan sangat mudah jika tidak menjadikannya sebagai beban. Penyakit jantung bengkak tidak akan terjadi jika kita melakukan pola hidup sehat serta selalu menjaga asupan makanan. Pencegahan tidak akan terasa karena dilakukan setiap hari. Dimulai dengan melakukan gerakan kecil setiap pagi, mengkonsumsi makanan yang tinggi serat seperti buah dan sayuran, tidak merokok, penggunaan narkoba, minum alkohol dan minuman berkafein.
Pengobatan Secara Medis
Untuk pengobatan sendiri anda bisa melakukan pemeriksaan terlebih dahulu pada dokter spesialis jantung. Pengobatan yang dilakukan selalu berhubungan dengan penyakit lain yang berhubungan dengan kesehatan kinerja fungsi jantung. Pemberian obat untuk mengatasi pembengkakan yang terjadi sebenarnya belum ada, tapi dengan pemberian obat seperti hipertensi, anemia atau penyakit lainnya yang berhubungan dengan pembengkakan diupayakan bisa mengembalikan kinerja jantung. dengan begitu jantung akan kembali normal secara bertahap. Adapun pemberian obat obatan medis tersebut antara lain:
1. Antikoagulan
Mencegah terjadinya penggumpalan darah yang dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.
2. Angiotensin Converting Enzyme (ACE) inhibitor
Berfungsi untuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kinerja pompa jantung.
3. Angiotensin Receptor Blocker (ARB)
Berfungsi sama dengan ACE Inhibitor bagi mereka yang tidak dapat meminum ACE inhibitor karena alergi obat tersebut.
4. Beta Blockers
Mengencerkan darah sehingga tekanan darah dapat diturunkan dan meningkatkan fungsi pompa jantung.
5. Digoxin
Obat yang dapat membantu meningkatkan fungsi pemompaan jantung.
6. Diuretik
Fungsi obat ini adalah mengurangi natrium dan air dalam tubuh melalui urine, yang diharapkan dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi beban jantung, tetapi efek samping obat ini ialah terjadinya dehidrasi.

Baca juga pengobatan alami dengan obat jantung bengkak paling ampuh.

Selain menggunakan obat obatan di atas, apabila kondisi jantung bengkak sudah cukup parah, solusi lain untuk mengatasi fungsi jantung yang lemah akibat pembengkakan jantung salah satunya adalah dengan menggunakan alat bantu pompa mekanik untuk meningkatkan fungsi jantung. Pompa mekanik itu akan dipasang dan memberikan tenaga mekanik pada jantung agar fungsi jantung pun bisa kembali seperti normal. Pompa jantung mekanik tersebut dipasang selama jantung mengalami kerusakan dan jika kondisinya sudah kembali normal, alat tersebut pun akan diambil kembali.
Solusi pengobatan terakhir yang bisa dilakukan jika kondisi jantung semakin hari semakin parah hal yang bisa dilakukan adalah transplantasi jantung. Orang yang akan melakukan transplantasi jantung harus menunggu sampai jantung pendonor sudah siap dan tidak memiliki penyakit apapun. penyakit jantung bengkak memang cukup sulit untuk diatasi hanya dengan obat oral atau obat diminum setiap hari. transplantasi atau cangkok organ jantung yang memerlukan biaya besar. Itulah alasan penyakit jantung bengkak lebih parah dari pada penyakit jantung koroner.
Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita seputar penyakit jantung bengkak, dan guna mengetahui medis apa saja yang dapat diberikan kepada penderita jantung bengkak.

sumber : www.heartfailurematters.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *