Seputar Penyakit Lupus, Penyebab dan Gejalanya

Pernahkah kalian mendengar tentang penyakit Lupus? Mungkin ada yang menjawab iya dan tidak. Meskipun tergolong sebagai penyakit yang langka, penting sekali bagi kalian untuk mengetahui lebih dalam mengenai penyakit yang satu ini.

Penyakit ini tergolong sebagai penyakit yang langka namun mematikan. Berdasarkan data, ada sekitar 5 juta orang penderita Lupus yang terdapat di Indonesia. Jumlahnya kecil dibandingkan dengan masalah kesehatan lainnya tapi, hal ini menjadi salah satu hal yang perlu kita waspadai karena, bisa saja satu diantara 5 juta orang yang ada dari jumlah tersebut merupakan orang terdekat kita. Lantas, seperti apa sih Lupus itu sebenarnya?

Apa itu penyakit lupus serta penyebabnya

Tidak ada yang tahu pasti bagaimana penyakit Lupusbisa terjadi. Yang pasti, Lupus dikatakan sebagai penyakit dengan seribu wajah karena, penyakit ini bisa meniru berbagai macam penyakit serius lainnya. Bisa dikatakan, Lupus merupakan salah satu jenis penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh sehingga, organ dalam tubuh kita akan dengan mudah terserang penyakit.

Untuk jenisnya sendiri ada 3 dimana, Lupus ini sendiri sering dikategorikan sebagai penyakit genetic atau keturunan, Lupus yang berdampak pada kulit saja, dan karena adanya salah penggunaan obat. Diantara ketiga penyebab yang ada, penyebab yang pertama diyakini sebagai salah satu penyebab yang sering muncul akibat sistem genetic yang mengakibatkan diri kita terkena penyakit tersebut.

Penyakit Lupus ini sendiri bisa mengakibatkan kematian jika tidak ditangani secara serius. Seiring dengan berkembangnya waktu, penyakit ini perlahan bisa diatasi berkat kemajuan dalam bidang kedokteran sehingga, tidak ada lagi penderita yang terdapat dalam masalah ini. Baca juga artikel kesehatan menarik tentang Obat Herbal Kista Terbaru K-muricata dan Amazon Plus

Pada zaman sekarang, para penderita Lupus bisa hidup dengan normal. Meskipun tidak dapat sembuh, para penderita Lupus bisa merasaka hidup yang normal atau, hidup yang setara dengan orang normal. Hal ini setidaknya dapat membantu mereka untuk merasakan hidup yang lebih bersemangat dan membantu mereka untuk mengurangi stress akan penyakit Lupusmengingat, hal ini membuat mereka merasa kurang bersemangat akan hal tersebut.

Kenali Penyebab Mata Merah

Mata Merah
Mata dalam kondisi merah sangat mengganggu penglihatan dan pastinya sangat tidak membuat nyaman pada saat melihat. Mata merah dapat terjadi akibat pelebaran pembuluh darah yang memungkinkan timbulnya warna kemerahan pada permukaan bola mata. Tingkat kemerahan pada mata pada umumnya tidak terkait dengan tingkat keparahan suatu penyakit mata yang dialami. Hal yang wajib diperhatikan adalah gangguan yang mungkin terjadi akibat dari mata merah tersebut seperti gangguan penglihatan, sakit kepala, muntah, dan mual.
Ada banyak pemicu terjadinya mata merah. Sebagian faktor cukup membutuhkan perhatian khusus, dan ada juga yang tidak memerlukan penanganan sama sekali. Pada umumnya mata merah disebabkan oleh asap dan debu, namun dapat juga disebabkan oleh alergi, iritasi bahan kimia, atau infeksi akibat jamur, virus, dan bakteri, serta mata kering.

Berikut Penyebab Mata Merah yang harus kita ketahui
1. Alergi
Penyebab mata merah yang pertama adalah alergi. Kondisi mata merah yang diakibatkan oleh alergi dapat membuat mata terasa gatal, berair, dan berwarna merah. Untuk mengatasinya cukup mudah, kita wajib menghindari penyebab dari sumber alergi tersebut atau juga dapat dilakukan penyembuhan dengan meneteskan obat tetes mata yang mengandung anti peradangan.
2. Iritasi bahan kimia
Penyebab yang selanjutnya adalah iritasi dari bahan kimia. Mata merah dapat disebabkan akibat dari iritasi bahan kimia. Hal ini dapat apabila sebelumnya pernah terjadi paparan mata karena bahan kimia. Cara untuk mengatasinya iritasi mati akibat bahan kimia adalah basuhlah mata dengan air bersih sesegera mungkin.
3. Mata kering
Pada saat kondisi mata kering maka akan memberikan dampak bola mata menjadi memerah. Hal ini akibat mata kering yang dapat membuat mata terasa perih dan lelah. Untuk mengatasinya bisa dengan menggunakan pelembab mata yang berisikan air mata buatan. Pelembab ini sebaiknya digunakan setiap hari dalam jangka panjang untuk menjaga mata agar tetap segar dan sehat.
4. Infeksi
Mata merah yang diakibatkan oleh infeksi biasanya disertai dengan adanya kotoran pada mata dan hal ini dapat mengkaibatkan mata menjadi terasa perih. Untuk mengatasi hal ini tidaklah terlalu rumit, cukup dengan memberikan obat tetes mata yang mengandung antibiotik.

Demikian artikel kesehatan mengenai Kenali Penyebab Mata Merah. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

sumber : www.allaboutvision.com

Cara Mengobati Sariawan Dengan Mudah dan Jitu

Penyakit Sariawan

Ketika menderita sariawan, tentu kita tidak akan merasa nyaman terutama ketika makan atau berbicara, oleh karena itu berikut ini adalah cara mengobati sariawan yang bisa anda jadikan panduan untuk mengobati sariawan yang sedang ada derita. Sariawan disebabkan oleh jamur Candida Albicans. Sariawan tidak menular namun jika dibiarkan berlama-lama dan tidak diobati akan terus menimbulkan rasa sakit yang menganggu. Dibawah ini adalah informasi mengenai penyebab, gejala serta cara mengobati sariawan dengan mudah. Ini dia informasi selengkapnya.

Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati Sariawan
Sariawan disebabkan oleh jamur Candida Albicans yang berada di dalam mulut.Jamur ini sendiri memang berada di dalam mulut namun hanya dalam jumlah yang kecil.Peningkatan jumlah jamur Candida Albicans di dalam mulut adalah penyebab utama terjadinya Sariawan.Peningkatan jumlah jamur ini sendiri bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti kurang terpeliharanya kebersihan mulut, menurunnya sistem kekebalan tubuh, pemakaian gigi palsu serta konsumsi obat-obatan seperti antibiotik dan kortikosteroid, Anemia dan alergi.Bahkan gangguan pencernaan juga dapat menjadi penyebab meningkatnya jenis bakteri ini.Dalam beberapa kasus, luka yang diakibatkan dari pemakaian kawat gigi juga dapat menimbulkan Sariawan khususnya jika ditambah dengan kebersihan mulut yang kurang terjaga. Sariawan juga dapat bersifat genetis yang berarti jika anda adalah orangtua yang sering mengalami masalah Sariawan, maka kemungkinan besar anak anda juga akan mengalami gangguan Sariawan. Meskipun penyebabnya sangat beragam pada dasarnya hanya ada satu cara mengobati Sariawan.

Sebelum sampai pada cara mengobati Sariawan, penting untuk mengetahui perbedaan antara Sariawan dan infeksi pada mulut. Selain beberapa penyebab yang sudah disebutkan diatas, ada beberapa penyebab lainya yang bisa dijadikan patokan untuk membedakan antara Sariawan dengan infeksi pada mulut.Jika gejala yang dirasakan adalah demam, pembengkakan disertai nyeri pada kelenjar getah bening di leher serta mudah berdarah, maka itu bisa dipastikan bukan Sariawan melainkan infeksi pada mulut.Kasus gangguan Sariawan sendiri sangat jarang ditemukan pada anak kecil dibawah 6 tahun.

Lalu, bagaimana cara mengobati Sariawan? Apakah ada obat untuk Sariawan.Menurut mommiesdaily.com, Sariawan sendiri tidak ada obatnya. Lebih lanjut, sumber ini mengatakan bahwa obat-obatan yang dijual di pasaran hanya membantu untuk mengurangi rasa sakit akibat luka yang disebabkan Sariawan serta membantu proses penyembuhan Sariawan namun tidak ada jaminan untuk Sariawan dapat sembuh total serta terbuka kemungkinan bagi Sariawan untuk kambuh lagi. Jadi obat untuk mengobati Sariawan sendiri sebenarnya adalah dengan memperbaiki pola makan, minum air putih yang banyak serta istirahat yang cukup.Penting juga untuk menghindari stres sebab dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Mengkonsumsi vitamin seperti vitamin B1, B2, B6 dan B12 juga dapat membantu proses penyembuhan Sariawan.

Setelah mengetahui penyebab Sariawan serta cara mengobatinya, tidak lengkap rasanya jika kita tidak berbicara mengenai bagaimana cara pencegahan terhadap Sariawan. Melihat dari penyebab Sariawan maka langkah yang perlu diperhatikan untuk mencegah Sariawan adalah dengan menjaga kesehatan rongga mulut.Biasakan untuk memelihara kebersihan mulut dengan menyikat gigi atau berkumur dengan pembersih mulut anti bakteri untuk menekan jumlah bakteri Candida Albicans. Selain itu, langkah-langkah lainya seperti mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C dan vitamin B kompleks serta istirahat dan menghindari stres dapat membantu menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah sakit. Namun jika sudah terlanjur menderita gangguan Sariawan, maka cara mengobati Sariawan diatas bisa anda gunakan sebagai panduan mengobati Sariawan.